MANUSIA
Manusia dipandang
sebagai sistem yang memproses informasi sebagai berikut :
1.
Informasi diterima dan ditanggapi dengan
proses masukan-keluaran (input-output)
2.
Informasi disimpan dalam ingatan (memory)
3.
Informasi diproses dan diaplikasikan dengan
berbagai cara
Proses pemasukan
dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu pandangan (vision). Proses ini mempunyai dua tahap,
yaitu :
1.
Pemasukan secara fisik dari stimulus
2. Pengelolaan dan interpretasi dari stimulus
Alat fisik yang
dugunakan untuk mendapat kan
visi adalah mata. Proses yang terjadi pada mata untuk mendapatkan visi adalah
sebagai berikut :
1.
Merupakan suatu mekanisme penerimaan cahaya
yang ditransformasikan ke dalam energi elektrik
2.
Cahaya memantul dari obyek yang dipandang dan
citranya difokuskan secara terbalik pada retina
3.
Retina mengandung rod (organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cone (organ yang berbentuk kerucut)
untuk pandangan berwarna
4.
Sel ganglion
(pusat syaraf) berfungsi untuk mendeteksi pola dan pergerakan
KOMPUTER
Komputer
didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah
data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi.
Komputer dapat pula diartikan sebagai suatu mesin yang menerima input untuk
diproses dan menghasilkan output.
Sistem komputer
terdiri dari prosesor, memori, I/O.
Fungsi dasar yang dibentuk oleh sistem komputer adalah eksekusi program.
Program yang akan dieksekusi oleh CPU berisi sejumlah instruksi yang disimpan
di dalam memori.
INTERAKSI
Sistem interaksi
menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada.
Jika user ingin membuat kalimat “Human and Computer Interaction” maka user
terlebih dahulu harus tahu program apa yang dapat digunakan untuk menuliskan
kalimat tersebut. Jika user tidak mengetahui program apa yang harus digunakan,
maka tejadi kesalah pahaman antara user dengan sistem.
Jika user menggunakan
program yang tepat, user akan dapat mengetikkan kalimat tersebut dengan
menggunakan piranti keyboard. Hubungan antara user dan komputer dijembatani
oleh antar muka pengguna (user interface)
ANTAR
MUKA PENGGUNA
Bahasan yang penting
mengenai User Interface yaitu :
1.
Merupakan bagian sistem yang dikendalikan
oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem.
2.
Dianggap sebagai jumlah keseluruhan keputusan
rekayasa bentuk
3.
Menunjukkan fungsi sistem kepada pengguna
4.
Gabungan dari elemen sistem, pengguna dan
komunikasi atau interaksi.
User
Interface
memiliki :
1.
Peranti masukan, misal : keyboard, mouse dan
media input lainnya
2.
Peranti keluaran, misal : monitor, suara,
printer dan sebagainya
3.
Masukan dari pengguna, misal : garis, gerakan
mouse dan sentuhan keyboard
4.
Hasil yang dikeluarkan oleh komputer, misal :
grafik, bunyi dan tulisan
Kita tidak boleh
menganggap bahwa semua pengguna telah mahir dalam menggunakan komputer, oleh
karena itu User Interface perlu dibentuk
sedemikian rupa sehingga lebih mudah dimengerti dan digunakan.
Bentuk dan
pembangunan User Interface perlu
dilihat sebagai salah satu proses utama dalam keseluruhan pembangunan suatu
sistem. Rekayasa bentuk User Interface
merupakan suatu proses yang komplek dan memrrlukan daya kreativitas yang
tinggi, pengalaman, analisis yang terperinci dan pemahaman terhadap kebutuhan
user. User Interface dapat diatur
dengan menggunakan pilihan dari pembuat komputer, analisis sistem, pemrograman
ataupun oleh pengguna itu sendiri.
PERANTI
BANTU PENGEMBANGAN SISTEM
Perkembangan software
dan hardware sangatlah pesat sejak beredarnya personal komputer di pasaran
dengan harga yang semakin terjangkau. Semakin banyak orang yang mempelajari
ilmu komputer sehingga perkembangan software juga semakin banyak dan cepat untuk membantu kehidupan manusia. Komputer
tidak bisa berinteraksi dengan manusia bila tidak ada jembatan yang
menghubungkan keduanya yaitu software.
Jenis-jenis bahasa
pemograman, yaitu :
1.
Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Adalah
bahasa yang lebih dekat ke mesin, artinya perintah-perintahnya dibuat sedetil
mungkin sehingga setiap perintah dapat langsung dimengerti oleh mesin, misalnya
Bahasa Assembly
2.
Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)
Adalah bahasa
pemograman yang berada di antara High Level Language dan Low Level Language,
misalnya Bahasa C
3.
Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Adalah
bahasa yang lebih dekat ke pemakai, artinya lebih mudah dimengerti, lebih mudah
dipelajari serta memakai bahasa sehari-hari, misalnya BASIC, PASCAL, dan
sebagainya.
4.
Bahasa Berorientasi Obyek (Object Oriented Language)
Adalah
bahasa pemrograman yang telah menyediakan objek yang tidak harus dibuat secara
manual dalam pembuatan program, misalnya
bahasa Visual Basic, Delphi , Visual C++, dan
sebagainya.
Pemrograman pada
komputer generasi pertama kebanyakan dilakukan oleh ahli teknik dan matematika
dengan menghubungkan beberapa sirkuit didalam komputer atau dengan membuat
program dalam bahasa mesin (assembly)
yang disimpan didalam memori komputer secara permanen.
Pemrograman dengan
menghubungkan sirkuit komputer sangatlah sulit untuk dilakukan karena programer
harus mengetahui seluk-beluk jaringan kerja komputer yang digunakan.
Perkembangan bahasa
tingkat tinggi terus berlanjut hingga sekarang tetapi lebih pada pemrograman
berorientasi obyek. Keuntungan dari pemrograman ini adalah :
§ Antar muka
yang lebih baik
§ Lebih
mudah dibuat
§ Ekonomis
§ Pemakaian
sumber daya lebih sedikit
§ Lebih
mudah digunakan
Posting Komentar