Pengertian Web 1.0 ; 2.0 ; 3.0


Nama Kelompok 6:
M. Ardi Yudha Prawir (54411766)
Ali Akbar (50411593)
Venessa Arie (58411861)
Amanda Tribuana Mentari P (50411661)
Charles Simanjuntak (51411618)

Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa.
Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.
Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Web 1.0
web 1.0 adalah merupakan teknologi web yang pertama kali digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0. sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat personal.
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk
menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’
memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak
ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga
komunikasi biasanya baru satu arah.

Web 2.0
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O’Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web.
Mengacu pada Tim Oreilly, istilah Web 2.0 didefinisikan sebagai berikut:
“Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut. ”
Prinsip-prinsip Web 2.0
1. Web sebagai platform
2. Data sebagai pengendali utama
3. Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
4. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan
menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen
(semacam model pengembangan “open source”)
5. Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi
dan layanan
6. Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak
(perpetual beta)
7. Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user

Perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0
yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 1.0 dan Web 2.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya. Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Selain itu, kemampuan Web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop, bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal tersebut akan merubah paradigma pengembang sofware dari distribusi produk menjadi distribusi layanan. Sedangkan karakter lainnya, kolaborasi dan partisipasi pengguna, ikut membantu memperkuat perbedaan pada Web 2.0. Suatu website dapat saja memasukkan beberapa bahkan tujuh karakter Web 2.0 di dalam situs yang dibangunnya. Semakin banyak karakter yang masuk ke dalam website tersebut, suatu situs akan mendekati Web 2.0.
Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel).
Suatu web 2.0 biasanya digunakan sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software, mengilustrasikan setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform, pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin mereka gunakan. Hasil dari pengembangan fitur di dalam software dapat langsung dirasakan oleh pengguna. Software tidak lagi dijual sebagai produk namun berupa layanan (service).

Web 3.0
Hingga kemudian muncul era yang lebih baru lagi yaitu Web 3.0. Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata.
Web 3.0 sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik.
Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.
Dalam era web 3.0, pengembangan aspek sosial sebuah web mulai dipertimbangkan. Aspek sosial yang dimaksud, terutama adalah aspek interaksi. Bagaimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya, merupakan sebuah tantangan utama dikembangkannya versi Web 3.0 ini. Walaupun hanya bersifat virtual 3D, namun ternyata banyak yang mengharapkan perkembangan teknologi web ini dapat memenuhi kebutuhan setiap bidang informasi, bahkan setiap orang yang mengunjunginya.
Sebagai teknologi masa depan, Web 3.0 juga membutuhkan kecepatan akses Internet yang memadahi dan spesifikasi komputer yang tidak enteng, hal ini disebabkan tak lain karena teknologi ini secara visual berbasis 3D. Sedangkan seperti yang kita tahu biaya akses Internet dengan kecepatan tinggi di Indonesia ini masih terbilang mahal bagi masyarakat umum. Belum lagi jika dihitung dari biaya spesifikasi perangkat komputer yang dibutuhkan, mungkin masyarakat Indonesia yang ingin menikmati kecanggihan layanan berbasis teknologi Web 3.0 masih harus menarik nafas penjang. Namun karena Web 3.0 sendiri masih dalam pengembangan, seiring dengan berlalunya waktu sebagai masyarakat Indonesia kita masih bisa mengharapkan bahwa biaya komunikasi, dalam hal ini koneksi Internet kecepatan tinggi akan semakin murah nantinya, sehingga terjangkau bagi masyarakat luas.
Web era ini bisa dibilang sangat care dengan kebutuhan kita karena menyediakan apa saja yang kita butuhkan. Contoh sederhana, dengan dukungan teknologi 3-D animasi, kita bisa membuat profil avatar sesuai karakter kita kemudian melakukan aktivitas di dunia maya layaknya kehidupan sehari-hari kita di dunia nyata, mulai dari jalan-jalan, ke mall, ke book store, bercakap-cakap dengan teman lain, dsb. Kalau bisa disimpulkan, Web 3.0 adalah dunia virtual kita. Dia mampu memberi saran dan nasehat untuk kita disamping menyediakan apa yang kita butuhkan. Memang, ini menjadi salah satu keunikan dari Web 3.0 karena konsep dasar yang digunakannya adalah manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Misal, kita bisa meminta Web mencari suatu data spesifik tanpa perlu kita susah payah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Hasil yang diberikan pun juga relevan.

19 comments

sekarang aja masih zamannya web 2.0 manusia seakan terbalik sob, dunia maya udah kaya nyata, dan sebaliknya, gimana nanti di cetuskan web 3.0 coba ? ALLAHUALAM lah.. ^^

makasih ilmunya sob.. ^^

Reply

Selamat datang di web 3.0!!

Reply

Jadi paham aku gan perbedaan antara web 1.0 dan web 2.0

Reply

makasih gan ane baru tahu sekarang ... thanks nih

Reply

Contoh website 2.0 apa aja gan?

bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Web Design

Reply

terimakasih gan..saya baru ngeh apa itu web 2.0 dan bedanya dengan non web 2.0

Reply

keren cuma font tulisannya terlalu kecil jadi sulit dibaca

Reply

ane setuju gan, font nya terlalu kecil :)
ane lagi bangun backlink tentang Indonesia yaitu http://nesia.id , jadi mau belajar apa itu web 2 :)

Reply

artikelnya bagus mas...sekarang informasi dapat menyebar secara cepat melalui web, jadi perkembangan teknologi semakin maju. era baru dunia digital . silakan kunjungi balik ya di sini

Reply

sekarang saya jadi tahu apa itu pengertian web, makasih banyak ya dan sukses selalu

Reply

Terimakasih mas share nya sangat bermanfaat...

Tp saran sdkit, itu font nya trlalu kecil jadi saya pribadi baca nya agak ksulitan.. maklum mata minus.. ��

Reply

Nice share gan... Skrg saya jadi paham arti web 1.0, 2.0..

Reply

berarti blogspot termasuk web 2.0

Reply

Jasa Pembuatan Website Terpercaya | Digital Network Freelancer
HARGA PROMO PEMBUATAN WEBSITE
ingin memulai bisnis anda ? bingung untuk masalah marketing atau pemasarannya? ingin membuat website untuk bisnis anda?
Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk anda dengan harga yang bisa menyesuaikan budget
- gratis domain dan Hosting untuk Anda selama 1 tahun
- design website bisa menyesuaikan keinginan Anda
- proses pengerjaan cepat.
- gratis konsultasi masalah marketing atau pemasaran
- gratis 3 bulan revisi design
- layanan support sampai 24jam
Segera kunjungi kami www.software-developer.web.id | www.software-developer.web.id
Email: info@software-developer.web.id

Reply

Jasa Pembuatan Website Terpercaya | Digital Network Freelancer
HARGA PROMO PEMBUATAN WEBSITE
ingin memulai bisnis anda ? bingung untuk masalah marketing atau pemasarannya? ingin membuat website untuk bisnis anda?
Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk anda dengan harga yang bisa menyesuaikan budget
- gratis domain dan Hosting untuk Anda selama 1 tahun
- design website bisa menyesuaikan keinginan Anda
- proses pengerjaan cepat.
- gratis konsultasi masalah marketing atau pemasaran
- gratis 3 bulan revisi design
- layanan support sampai 24jam
Segera kunjungi kami www.software-developer.web.id | www.software-developer.web.id
Email: info@software-developer.web.id

Reply

Jasa Pembuatan Website Terpercaya | Digital Network Freelancer
HARGA PROMO PEMBUATAN WEBSITE
ingin memulai bisnis anda ? bingung untuk masalah marketing atau pemasarannya? ingin membuat website untuk bisnis anda?
Kami menawarkan jasa pembuatan website untuk anda dengan harga yang bisa menyesuaikan budget
- gratis domain dan Hosting untuk Anda selama 1 tahun
- design website bisa menyesuaikan keinginan Anda
- proses pengerjaan cepat.
- gratis konsultasi masalah marketing atau pemasaran
- gratis 3 bulan revisi design
- layanan support sampai 24jam
Segera kunjungi kami www.software-developer.web.id | www.software-developer.web.id
Email: info@software-developer.web.id

Reply

Kami menyediakan paket toko online, company profile, ukm, sekolah.

https://16pixel.id
Jasa Website Profesional

Reply

Sangat membantu gan, terima kasih "klik disini"

Reply

Posting Komentar