MEDIA PENYIMPANAN BERKAS

A. PENYIMPANAN PRIMER

Penyimpanan primer (primer momory) atau disebut juga memori utama (main memori) dan memori internal (internal memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini, yang disimpan didalam memori dapat berupa data atau program.

Ada 4 bagian didalam penyimpanan primer, yaitu :
  • Input Storege, Untuk menampung data yang dibaca.
  • Program Storage Area, Penyimpanan intruksi-instruksi untuk pengolahan.
  • Working Storage Area, Tempat dimana pemrosesan data dilakukan.
  • Output Storage Area, Penyimpanan informasi yang telah diolah untuk sementara waktu sebelum disalurkan ke alat-alat output.
Primary Storage Section


Penyimpanan primer dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
  • RAM
Random-Access Memory (RAM) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data / program selama terdapat arus listrik (Komputer hidup). RAM dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
  • ROM
Read-Access Memory (ROM) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca. Disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.

Selain itu ada pula Cache memory. Yaitu memori yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.


B. PENYIMPANAN SEKUNDER

Penyimpanan sekunder atau disebut secondary memory adalah penyimpanan data yang relative mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama diluar CPU maupun penyimpanan primer. Informasi yang disimpan dapat diambil dan ditrasfer pada CPU pada saat diperlukan.

Ada 2 jenis penyimpanan sekunder, yaitu : 
  1.       Serial / Sequential access  storage device (SASD)
    Contoh : Magnetic tape, punched card, punched paper tape
     2.   Direct access storage device (DASD)
    Contoh : Magnetic disk, floopy disk, mass storage
C. JENIS MEDIA PENYIMPANAN

1.       Magnetic Tape
Adalah alat penyimpanan data untuk berkas besar, yang diakses dan diproses secara sequential. Magnetic tape dibuat dari bahan plastic tipis yang dilapisi oleh besi magnet oksida pada satu sisinya, verwarna merah kecoklatan. Magnetic tape adalah model pertama dari secondary mamory. Tape ini digunakan untuk merekam audio, video dan menyimpan informasi berupa sinyal computer.
Contoh : cassette tape dan kaset video

2.       Magnetic Disk
Adalah piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada system computer. Megnetic disk terdiri dari logam yang kaku atau plastic yang fleksibel. Pada saat disk digunakan motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector. Fixed-head disk ( atau sering dikenal dengan nama hard disk) hanya memiliki satu head yang harus dipindah-pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.
Contoh : Floppy disk (disket), hard disk.

3.       Optical Disk
Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan special yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relative gelap atau terang.
Contoh : CD-RW dan DVD-RW.


1 comments:

Terima kasih, min

Reply

Posting Komentar