User Centered Design (UCD)


UCD  (user Centered Design) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai "efficiency" the practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency. Perancangan berbasis pengguna (UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna sebagai pusat dari pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.

Prinsip yang harus diperhatikan dalam UCD adalah:


1. Fokus pada pengguna


Perancangan harus berhubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna, misalnya melalu interview, survey. Tujuannya adalah untuk memahami kognisi, karakter, dan sikap pengguna serta karakteristik. Aktifitas utamanya mencakup pengambilan data, analisis dan intergrasinya ke dalam informasi perancangan dari pengguna tentang karakteristik tugas, lingkungan teknis atau organisasi.

2. Perancangan terintegrasi


Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan (cara penggunaan), dan dukungan teknis seperti kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan.

3.  Dari awal berlanjut pada pengujian pengguna


Satu-satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan sistem yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan-balik yang cermat, wawasan pemecahan terhadap masalah yang ada, dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.

4. Perancangan interaktif


Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan melakukan beberapa kali test. Berasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, maka juga akan dapat ditarik kesimpulan mengenai tingkat keberhasilan produk (aplikasi) tersebut

UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancangan. Pengguna adalah orang yang akan menggunakan sistem. Pengguna langsung biasa disebut pengguna akhir (end user) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna tidak langsung adalah pengguna yang menggunakan sistem untuk penggunaan yang lain seperti system administrators, installers, dan demonstrators.

Konsep UCD

"In user user-centerd design, the users are the center focus".
Maksud dari kata tersebut adalah tujuan/sifat sifat-sifat, konteks, pengguna, sifat konteks dan lingkungan produk semua didasarkan dari pengalaman pengguna, selanjutnya ditetapkan model pekerjaan pengguna yang akan didukung sistem.

Prinsip-prinsip dalam merancang user interface  adalah sebagai berikut:
  1. User familiarity/ mudah dikenal : Menggunakan istilah yang lazim digunakan dan dikenali oleh pengguna secara umum, misalnya: untuk sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders, bukan directories, file, identifiers.
  2. Consistency : Konsistensi dalam operasi dan istilah yang digunakan di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan.
  3. Minimal surprise / Tidak membuat pengguna terkejut : Operasi yang terjadi dapat diprediksi oleh pengguna sesuai dengan perintah yang ada.
  4. Recoverability / pemulihan : Recoverability ada dua macam yaitu : confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) atau ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
  5. user guidancel bantuan : Adanya cara penggunaan sistem sehingga pengguna lebih mudah dalam menjalankan sistem.
Prinsip perancangan UCD digambarkan dibawah ini:

Aturan Dalam UCD


Karena telah mendefinisikan hak pengguna untuk mentransformasi budaya yang terdapat dalam perancangan, pengembangan, dan pembuatan sistem teknologi informasi, dan untuk memastikan bahwa produk hasilnya akan tepat seperti harapan pelanggan.

1. Perspektif

Pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunaan sistem, maka masalah ada pada sistem dan bukan pengguna.

2.  Installasi

Pengguna mempunyai hak untuk dapat menginstall atau mengun-install perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada kensekuensi negatif.

3. Pemenuhan
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja seperti yang dijanjikan

4.  Instruksi

Pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan istruksi secara mudah untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien.

5. Umpan Balik

pengguna mempunyia hak tarhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai. 


 6. Keterkaitan

Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua persyaratan yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.

7. Batasan

Pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem.

8. Usability

Pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras, dan bukan sebaliknya. Sistem harus dapat digunakan secara alamni dan ituitif.

Proses UCD

Gambar dibawah merupakan gambaran mengenai proses UCD.

Keterangan gambar:
  1. Memahami dan menentukan konteks pengguna.
  2. Menentukan kebutuhan pengguna.
  3. Solusi perancangan yang dihasilkan.
  4. Evaluasi perancangan terhadap kebutuhan pengguna.
sumber

Posting Komentar