Digital Video

Digital video adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Biasanya digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD.
            Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan recorder.
Macam-macam camcorder : miniDV, DVD camcorder, dan digital8.
Camcorder terdiri dari 3 komponen :
1)      Lensa : untuk mengatur banyak cahaya, zoom, dan kecepatan shutter
2)      Imager : untuk melakukan konversi cahaya ke sinyal electronic video
3)      Recorder : untuk menulis sinyal video ke media penyimpanan (seperti magnetic video tape) 2gp

2.1       Format Video

1.      AVI (Audio Video Interleaved)
AVI diperkenalkan oleh microsoft pada tahun 1992 sebagai teknologi video forwindows. File AVI menyimpan data audio dan video dan data audio video dapat dikompres menggunakan berbagai codec. Kualitas dan kapasitas tergantung pada codec dan secara khusus codec yang digunakan adalah MPEG.

2.      MPEG
MPEG adalah format kompresi untuk video maupun audio yang distandarisasi oleh moving picture experts group. Contohnya MPEG-4 dapat mengompres file ketika menyimpan video, lalu ketika video tersebut diputar, codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini, jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal yang distandarisasi oleh moving picture experts group yang terbentuk oleh 350 perusahaan dan organisasi.


3.      3GP (3GPP Format File)
3GP adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project untuk 3G UMTS jasa multimedia. Yang digunakan di 3G ponsel, tetapi juga dapat dimainkan pada beberapa 2G dan 4G. Ukuran-nya pun lebih kecil dari pada AVI dan MPEG.

4.      FLV (Flash Video)
FLV adalah sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirimkan video melalui internet mengunakan Adobe Flash Player. Format FLV juga memiliki ukuran yang lebih kecil dari AVI dan MOV, tetapi lebih besar dari format SWF dan MPEG.

5.      SWF
SWF adalah format file untuk multimedia, grafik vektor dan ActionScript.Format SWF memiliki ukuran sedang, kira – kira setengah ukuran AVI.

6.      MOV

MOV format video yang dibuat oleh Apple Computer untuk membuat, mengedit, menerbitkan, dan melihat file multimedia. MOV format file video dapat berisi video, animasi, grafis, 3D dan virtual reality konten. MOV format video berfungsi sebagai wadah multimedia file yang berisi satu atau lebih track.

1 comments:

This is a nice and informative post about digital8 to dvd. I have also my own company which provide the same facility to user. If you want to some types of services regarding digital then please visit my site name is tapestodigital.co.uk

Reply

Posting Komentar