Crawless


Nama Kelompok 6:
M. Ardi Yudha Prawir (54411766)
Ali Akbar (50411593)
Venessa Arie (58411861)
Amanda Tribuana Mentari P (50411661)
Charles Simanjuntak (51411618)

Apa itu web crawler ?
Web crawler adalah suatu program atau script otomat yang relatif simple, yang dengan metode tertentu melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Nama lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan.
Ketika web crawl suatu search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar informasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan mengenai apakah suatu situs dan mengindex informasinya. Website itu kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking halaman-halamannya.
Namun search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yakni, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini. Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl bisa beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah berlangsung perubahan signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan.

CARA KERJA CRAWLER ?
Sebelum kita menginjak ke pembahasan artikel , bagaimana sih cara kerja dari crawler yang biasa kita operasikan atau jalankan dalam mencari sebuah kata kunci tertarget yang ingin anda ambil informasinya.
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler - browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian dari macam-macam search engine, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Selain halaman web, macam-macam crawler yang juga search engine juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

Ada jenis atau macam-macam crawler lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumber daya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.

Ini adalah tabel komputer pribadi web browser berdasarkan tahun rilis versi mayor, dalam urutan kronologis, dengan perkiraan jumlah pengguna Internet di seluruh dunia dalam jutaan. Perhatikan bahwa data pengguna internet berkaitan dengan seluruh pasar, bukan versi dirilis pada tahun itu. Meningkatnya pertumbuhan Internet pada 1990-an dan 2000-an berarti bahwa browser saat ini dengan pangsa pasar kecil memiliki lebih total pengguna dari seluruh pasar sejak dini. Sebagai contoh, pangsa pasar 90% pada tahun 1997 akan menjadi sekitar 60 juta pengguna, tetapi awal tahun 2007 pangsa pasar 9% akan sama dengan lebih dari 90 juta pengguna.

2 comments

memanglah keren algoritma google sekarang, mengumpulkan data segitu banyaknya.. ^^

Reply

Ho ya ya.. terima kasih penjelasannya ya.. :)

Reply

Posting Komentar