Membuat segitiga pada java

Kali ini saya ingin memberikan contoh membuat segitiga pada java. Sesungguhnya pada semua bahasa pemprograman membuat segitiga pasti akan sama menggunakan perulangan, dan jika ingin membuat segitiga menggunakan bahasa pemprograman lain tinggal kita rubah saja sintaksnya menurut bahasa pemprograman yang akan digunakan.
Memurut saya membuat segitiga adalah cara terbaik bagi kita untuk lebih memahami cara kerja dari perulangan itu sendiri, karena jika kita telah memahami perulangan itu maka akan sangat mudah bagi kita untuk mempergunakannya sesuai kebutuhan kita dikedepannya.

Dan sekarang saya akan memberikan contoh program segitiga sama sisi.

public class Segitiga_samasisi {
    public static void main(String[] args) {
        int a = 5;

        for (int x = 0; x < a; x++) {
            for (int y = 0; y <= a - x; y++) {
                System.out.print(" ");
            }
            for (int z = 0; z <= x; z++) {
                System.out.print("* ");
            }
            System.out.println("");
        }
    }
}


Dan ini adalah outputnya :








saya akan coba jelaskan fungsi tiap dari kodingan saya.







nah ini adalah class yang saya beri nama Segitiga_samasisi dan saya membuat variabel a yang bertipe integer dengan nilai 5. Fungsinya adalah sebagai pembatas untuk tinggi segitiga yang akan dibuat nanti.



dan inilah bagian utama dari program membuat segitiga ini. pertama saya akan menjelaskan penggunaan for yang paling atas.

  • for yang pertama : berfungsi sebagai tinggi dari segitiga yang menjadi batasnya adalah variabel a, jadi jika kita merubah nilai a menjadi 10 maka tinggi segitiga menjadi 10.
  • for yang kedua : adalah cara untuk membuat segitiga itu menjadi samasisi, dia memberikan output spasi yang banyaknya spasi di tentukan oleh nilai dari a.


  • for yang ketiga : berfungsi untuk mencetak tanda *. pada kodingan saya kenapa saya tulis ("* ") pada System.out.print karena spasi yang ada setelah tanda * itu yang menciptakan segitiga samasisi. bisa kalian coba sendiri bagaimana hasilnya jika tidak menggunakan spasi setelah tanda *
cukup segini aja penjelasannya dari saya, jika ada agan-agan yang masih kurang paham dari kodingan saya yang ini bisa langsung ditanyakan dikomentar. dan jika ada saran atau masukan saya persilahkan. 
happy coding! ^-^









1 comments:

boleh nih dicoba, kebetulan ada tugas suruh buat program java.. terima kasih sob ilmunya, ^^

Reply

Posting Komentar